News

Kata Mereka tentang PSUMB…

 “Yang terpenting dalam marching band itu adalah prosesnya, bagaimana PSUMB menjalani sebuah proses latihan menuju GPMB. Hasil yang diperoleh hanyalah bonus dari kerja keras selama proses latihan.”

 

Siapa yang merasa kalau tahun 2012 sudah berlalu? Apalagi bagi seluruh komunitas PSUMB menjelang akhir tahun. Tentunya terlalu banyak suka dan duka selama setahun ini menimba ilmu, tidak hanya pelajaran disekolah, tetapi juga dalam kegiatan marching band ini.  Mulai dari awal PSUMB membentuk dan menjalani seluruh proses latihan sehingga terciptalah sebuah set yang telah dipersembahkan pada Grand Prix Marching Band XXVIII dan kini telah terlewati bersama. Ini dia sepatah dua patah kesan, kenangan, dan perasaan para komunitas PSUMB khususnya pada tahun 2012 menjelang GPMB

 

@carolinanoge ”@PSUMB jadi alumni! Unbelievable thing, realising time went by soooo fast…. 6 years with you :”] #2012withPSUMB

 

@monicamitzi “@PSUMB ”kumpul tengah” apalagi pas sebelum set. Rasanya makin smangat! #2012withPSUMB

 

@ericafica “Pertama kalinya ikut latihan, ngajarin, tc, show, gpmb tapi sebagai alumni :”) ga semua org bisa dan mau untuk itu ♥@PSUMB#2012withPSUMB

 

@prasyandhana “Kali pertama jadi kru cone untuk GPMBnya @PSUMB.”

“Ah iya! Pas hari pelantikan dan pelepasan dr @PSUMB, main chimes! Salah nada sempet. Tapi akhirnya nyoba alat lain hahaha :p#2012withPSUMB

 

@ruth_dj “Sebagian besar suka-duka tahun ini dihabisin bareng temen-temen di @PSUMB terrutama #trumpet_ashique#2012withPSUMB :’)”

 

@gracencm “Tc terakhir sblm salam2an alat keguyur air ujan secara ekstrim -___- @PSUMB#2012withPSUMB

@PSUMB GPMB terakhir. Diterjang badai pas pemanasan, di istora mati lampu, trus jam tampilnya ngaret :’)”

 

@anggunSora “Pengalaman nge-kru gpmb tahun ini….nothing like ever before. Superr bgt cape&hectic nya. Still wondering why -_- Tapi nagih! #2012withPSUMB

“Hasrat pingin bogem junior tiap tc. Sampe final gpmb pun hasratnya ga surut. Dan please, saya ga galak ya. Haha peace (-__-)v#2012withPSUMB

“Terima kasih banyak @PSUMB. Bersama kalian, saya akan selalu hidup dan muda! :”)”

 

@dominique_liza “ngeliat senior” ketawa heboh setiap tc ampe bosen dan ikutan ketawa dan selalu rebutan ambil jelly….#2012withPSUMB

 

@dayguano “push up satu set udah gak kuat. payah. pengen sekuat zaman kejayaan di @PSUMB dulu.”

“Kenangan #2012withPSUMB simpel: Istora, nyanyi yel Go Fight Win pake jaket ijo, sebagai alumni dan bangga sama adek-adek @PSUMB

 

@Natashalove369 “Bersama @psumb melalui hari ‘kiamat’ jadi selamat..(?) #2012withPSUMB

 

@vaniajnr “@PSUMB for the last time menginjakkan kaki di lantai Istora sebagai pemain. Yap, ter-a-khir… :’) #2012withPSUMB☺”

 

@lararistya “@PSUMB keringat bercucuran deras setelah main satu set dua belas menit tanpa henti. Set yang paling melelahkan selama saya menjadi anggota PSUMB”

“Mengulang satu lagu sebanyak lebih dari 10 kali terus-terusan dengan suasana tegang. Bikin kangen akan rasa takutnya, semangatnya, tapi juga capeknya.”

 

@fab_cinta “#2012Moments nonton GPMB untuk yang pertama kali dan seneng banget PSUMB bisa dapet juara III di divisi utama :’) SANUR! GO! FIGHT! WIN! YEA”

 

@gebiR “tetep spin kanan-kiri rifle walaupun mati lampu @PSUMB#2012withPSUMB

 

@axelamorio “#BestMemories2012 pertama kalinya nonton GPMB dan terkagum-kagum sama @PSUMB. Seru!!”

 

@MariaSteffany “#2012memories bener2 ngerasain punya keluarga besar @PSUMB

 

@AndreaAdli “@PSUMB ngukur lapangan sambil haha hihi hehe bersama @mitziichi@natashansm@anastasiarenata #2012withPSUMB

 

@gabyykosasih “#BestMemories2012 can be a part of @PSUMB. Fight together, and won as 3rd in Grand Prix Marching Band #gpmb♥”

 

@PSUMB “break 5 menit persiapan satu set” *main satu set* “break 10 menit persiapan satu set lagi” *main satu set* KANGEN!

@PSUMB semangat pemain yang membara mengalahkan rasa sakit yang dialaminya membuat kita dapat bermain dengan baik dan lengkap

 

“Rasa capek dimarahin terus sama senior yang justru bikin semangat untuk bisa main bagus demi GPMB dan demi bikin pelatih seneng!”

“Marah itu tanda kasih sayang. Marah berarti masih ada yang peduli sama kita, kayak yang selalu terjadi di PSUMB apalagi menjelang GPMB :)

“Kadang makin seneng kalo makin banyak keringetan pas tc, artinya banyak lemak yang terbakar!”

“PSUMB bikin banyak temen yang gak hanya seangkatan, tapi juga kakak dan adik kelas bahkan alumni. Jarang-jarang lho yang bisa kayak gini :p”

“Merasakan suatu perjalanan yang besar dan berharga. Mulai dari yang bertanya sampai yang ditanya, mulai dari seorang junior menjadi senior.”

“Gak bisa menikmati jalan-jalan sama temen karena TC, tapi itu justru yang membuat kami bangga sebagai pemain dalam PSUMB.”

“Sebulan penuh dihabiskan bersama PSUMB, rasanya udah kaya punya keluarga kedua J kangen banget TC sudah berakhir…”

“Adanya horn line cup yang bisa bikin makin kompak dan terpacu untuk jadi bagus dalam MM dan musik! Sampai sekarang belum ada pemenangnya tapi :p”

“Senioritas? Basi! PSUMB mah kalo bersama-sama gak kenal umur hehehe”

“Rasanya kalau lagi tc dari abis makan siang sampe jam 5 kok lamaaa banget ya. Tapi kalo udah jam 6 jadi cepet banget sampe selesai hahaha”

“Kangen kisah PSUMB melawan rayap kalau lagi TC di Tiara Bangsa huehehe”

 

Quotes:

@prasyandhana“2007-2012. Masuk @PSUMB♥ Satu hal yg buat saya semangat utk tetep sekolah selain teman2nya.“Marching Band is a life changing experience”♥”

@PSUMB Yang berarti bukanlah juara, tetapi proses yang telah kita jalani. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri menjadi anggota PSUMB :)

@PSUMB melalui marching band, kita pun mendapatkan suatu pendidikan.Marching band membuat diri kita menjadi lebih baik.

@PSUMB anggota PSUMB itu adalah manusia super, secara fisik dan mental.

“Marching band membuat wawasan music kita menjadi lebih luas. Gak cuman dengerin musiknya aja tapi bisa dengan bangga memainkannya.”

Practice makes perfect. Itu kata kunci untuk menjadi pemain yang baik di marching band!”

“Kata-kata Eric Awuy pada GPMB 2008: yang bisa main trumpet itu banyak, tapi yang bisa memainkan musik itu bisa dihitung dengan jari.”

 

Para orang tua pun merasa bahwa tergabung dalam PSUMB merupakan suatu hal yang sangat berguna bagi anaknya. Orang tua yang tergabung dalam POTA, telah memberikan banyak kontribusi demi majunya PSUMB ini serta dapat melihat secara langsung bagaimana anaknya berkembang dalam kegiatan PSUMB. Ini suatu pengalaman yang dirasakan salah satu anggota POTA PSUMB.

 

“Psumb ikut Gpmb membuat anak kami yang biasa jadi Luar Biasa

Anak kami Angie Abigail, ikut mb atas keinginannya sendiri. Saya selaku orang tua hanya mendukung saja, tetapi dalam hati pasti Angie sebentar saja minta keluar namun hal itu salah besar, karena ternyata walaupun  di mb dia mendapat tekanan dan kesusahan yang besar tidak menyulutkannya terus ikut mb, terlebih mb akan ikut gpmb, makin memotivasi angie dalam latihan-latihan mb baik  di hari rabu dan sabtu ataupun mengundang teman-temannya kerumah untuk latihan bersama.

Dalam training centre (TC) sebelum gpmb kembali kami salah duga, ternyata walaupun tc sangat berat secara fisik dan mental ditambah adanya tugas sekolah, pr dan ulangan tetap tidak mengurangi semangat malah semakin bersemangat dan memiliki tanggung jawab yang patut  di acungi jempol, karena kadang saya jam 3 pagi terbangun saya melihat Angie sudah bangun dan sedang belajar atau buat tugas/pr sekolah. Ini hanya salah satu tanggungjawab dia yang tampak, belum lagi sikap mental positif yang kini dimilikinya seperti tidak mudah menyerah, pandai bersosialisasi, tahan banting terhadap masalah atau tekanan dan lain-lain. Pada saat pengambilan raport semester ganjil Angie memiliki nilai diatas kkm.

Itulah sebagian kecil yang kami dapat share, PSUMB telah membuat anak kami yang biasa menjadi LUAR BIASA. Untuk hal lain, Angie yang dari sd hanya suka sayur bayam, kini dia suka banyak makan jenis sayur lain.

Terima kasih. Salam, Buyung”

 

Tentunya masih banyak lagi kisah yang orangtua sendiri alami selama tergabung dalam POTA PSUMB. Dan tidak hanya pengalaman atau kisah serta kesan dan perasaan yang dapat ditemukan dalam diri anggota PSUMB, tetapi juga begitu banyak hal-hal positif yang datang dari pihak luar PSUMB seperti para penggemar marching band yang telah melihat aksi PSUMB dalam kejuaraan yaitu GPMB.

 

“Bener, kok bisa brass sanur jauh dekat tetap nyaring rasanya di kuping gue…
apa kiat2 latihannya mengeluarkan produksi suara seperti itu om pelatih ?” –Bunyamin

 

“Walau ada MB lain yg hebat dan keren….Udah terlanjur jatuh cinta sama Permainan SANUR dan SANUR. The Power of Girls.Solid dan bersih mainnya. Gebrakan apa lagi nih yg bakal dibuat SANUR…..”

“ Sanurian hebatttttttttttttttttt displaynya yg susah tapi rapi….repertaire kerennnnnnnnnnn suka kostumnya”

“ Dari dulu sampai sekarang kok gua Fav SANUR SANUR dan SANUR aja sih…Mereka selalu ‘megang’ di high brass dan permainan yang rapi dan rapi. Plus kostumnya tahun ini unik keren girly banget. Viva Sanur”

-Sahala (Sangatta Baru, Indonesia)

 

“Brass sanur gilaaaaak! Mellonya gak kayak anak sekolahan!” –Aji

 

“Saya selalu menunggu2 penampilan PSUMB  , seneng aja liatnya mereka selalu berhasil menampilkan opera musikal yg menghibur. mulai dari horn, perkusi, sampai cg menurut saya semua baik  sebagai mantan pemain cg, kagum bgt sama skill anak-anak sma ini, mulai dari rifle, flag, sabre dan alat penunjang lainnya yg sesuai konsep. satu hal yang mau saya garis bawahi, mereka cukup berhasil menyajikan ballet classic yang bagus. ga cuma asal gerak, tapi skillnya ada. tapi masih bisa ditingkatkan lagi skill ballet  visual hornnya juga ok! selamat buat para pemenang GSB, MBSG, PSUMB, WPS, dan Bhina Caraka, dan band2 lainnya. salut untuk para pemenang yg tetap low profile dan rendah hati. viva marching indonesia!!! ”  -Dancer

 

“Apapun hasilnya…siapapun juaranya…bagi saya & temen2 saya yg menonton GPMB 2012 kemaren, tetep PUTRI SANTA URSULA yg terbaik…dari segi pemilihan repertoire yg bagus (gak nyangka aja musik dari opera Prince Igor bisa menjadi suguhan marching band yg megah), horn line yg bersih, display yg rapi, colorguard yg menurut saya bagus & tidak semrawut dalam pergantian properti, hingga kostum yg selalu pas & mengundang decak kagum penonton…bahkan design untuk flag nya pun bagus…

salut buat PSUMB & juga tentunya untuk Mas Andreas Manalu & Mas Sophuan sebagai pelatih utama & pelatih colorguard PSUMB…kalian luaaar biasaa  Viva PSUMB ” –Archie

 

Banyak lagi testimonial dari pihak luar yang juga menjadi motivasi dalam PSUMB Ini. Dan tidak hanya berhenti sampai disitu pula. Terlalu banyak kenangan dan pelajaran berharga yang telah PSUMB berikan. Satu tahun pun cukup untuk menarik banyak pengalaman dari PSUMB terutama pada tahun disaat PSUMB ikut dalam GPMB, bagaimana bagi mereka yang sudah menjalaninya selama bertahun-tahun? Maka dari itu, ada baiknya PSUMB ikut berkompetisi dalam ajang GPMB setiap dua tahun sekali karena hal-hal positif yang di dapat selama proses latihan menuju GPMB akan sangat berguna, yang akan dirasakan dalam tahun-tahun ke depannya.

 

Terima kasih PSUMB untuk semuanya

 

Ingin tahu tentang PSUMB lebih lanjut? Tanyakan pada kami para komunitas PSUMB dan follow Twitter @PSUMB :)

 

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply